Selasa, 14 Mei 2019

Cara Ganti Kanvas Depan Honda Beat, Vario, Scoopy dan Spacy

Sebetulnya tutorial ganti kanvas rem cakram depan sepeda motor hampir sama atau beti (beda tipis), entah itu motor pabrikan garputala, sayap mengepak atau logo S. Sebab system kerjanya sama cuman yang membedakan kunci / hand tool yang digunakan jadi ada berbagai penyesuaian.

Cara Ganti Kanvas Depan Honda Beat, Vario, Scoopy dan Spacy

Hari ini yang bakal dikupas tutorial ganti kanvas rem depan honda beat, vario 125 – 150, scoopy serta spacy sebab kode part yang sama dengan cara otomatis kontruksi kanvas rem pun sama plek. Tapi tutorial di bawah ini bisa disoftwarekan ke model sepeda motor honda supra x 125 helm in, blade 125, revo 110, jadi yang punya motor tersebut bisa contek langsung he…. Untuk pabrikan lain sabar ya, next gua bikini tapi kalau ingat he…

Peralatan
Kunci T8, tang, tang sirklip ex, kunci L bintang T40/ L6, greas atau minyak pelumas, sikat logam atau ampelas.

Langkah – Langkah Ganti Kanvas Rem Depan
Kendorkan baud pengikat kanvas rem dengan memutarnya kearah kiri ya bro, apabila ulir beud pengikat telah habis maka tarik baud tersebut dengan mengunakan tang. Kadang baud tersebut agak keras paksa tarik saja tapi ingat pastika dulu ulir baud telah habis.
Selanjutnya kendorkan serta copot baud bintang yang mengikat breaket rem dengan buttom shock depan dengan kunci L bintang T40 / L6. Apabila baud terasa keras sambung kunci L bintang T40 / L6 dengan kunci T8, tapi ingat kendorkan berarti putar kearah kiri ya bro jangan hingga kebolak, e…. ke balik maksudnya.

Maka hasilnya caliper / kepala babi bakal terlepas dari buttom shock depan serta kanvas depan bakal jatuh dengan tersendirinya.

Kemudian copot breaket rem serta ampelas breaket tersebut tujuannya untuk menghapus karat atau kotoran yang bisa mengganggu kinerja rem. Apabila breaket tak dilumasi maka rem bakal terasa berat dampaknya kanvas depan habis sebelah serta roda bakal terkunci jadi terasa berat apabila diputar. 

Seusai itu tekan hendel rem jangan terlalu keras, hanya untuk mendorong piston rem kedepan, apabila terlalu keras maka piston bakal keluar dari master rem serta minyak rem bakal tumpah. Faktor ini berarti persoalan baru, maka hati – hati saat menekan hendel rem pada posisi tersebut.   

Tujuan dari proses diatas sebetulnya untuk membersihkan seluruh tahap piston rem yang terkena kotoran tanah serta debu, dengan tutorial menyikatnya mamakai sikat logam sambil memutarnya menggunakan tang. Apabila tak ada sikat logam maka lumayan pakai kain yang di rendam bensin untuk membersihkan piston caliper tersebut.

Apabila piston caliper telah bersih maka masukan kembali piston caliper tersebut dengan menggunakan tang sirklip ex denagn menekannya. Pakai tutorial lain juga bisa semisal pakai kunci ring 17 atau obeng min sedang untuk memasukan piston caliper kadalam caliper.

Selanjutnya pasang kembali breket caliper yang telah diampelas tadi, jangan lupa kasih pelumas bisa pakai oli mesin (jangan bekas / tirisan ngga apa – apa) atau grease yang keren (grease cvt). Kenapa tak menggunakan oli bekas atau grease biasa ? sebab karet pelindung breaket (pin boot) lama – kelamaan bakal mekar, jadi pengereman menjadi tak lebih maksimal.

Langkah selanjutnya merupakan memasang kanvas rem depan, pastikan posisi piston masuk kedalam serta mesikipun keluar jangan lebih dari 1 cm sebab bakal susah untuk memasangnya kepiringan cakram. Saat pemasangan kanvas rem pastikan kedua belah kanvas berada pada posisi paling pojok / paling mentok dari kedua segi caliper.

Kemudian pasang baud pengunci (pad pin) pada kanvas depan, saat pemasangan baud pengunci usahakan kanvas rem ditekan kedalam dengan jempol. Jadi celah baud pengunci pada caliper sejajar atau lurus dengan celah baud pada kanvas rem depan.

Langkah terbaru merupakan memasang caliper ke buttom shock depan serta kencangkan baud L bintang serta baud pengunci kanvas rem depan.

Jangan lupa cek hasil pengerjaan semacam kekencangan baud serta coba putar roda kearah depan apakah seret ? apabila roda depan bisa memutar berarti normal, apabila ngga bisa digerakan sama sekali berarti ada persoalan pada part lain atau hasil pekerjaan. Untuk urusan ini next time kami lanjut, sebab artikel hari ini mengenai tutorial mengganti kanvas rem depan he….

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Ganti Kanvas Depan Honda Beat, Vario, Scoopy dan Spacy