Selasa, 16 April 2019

Inilah Manfaat Buah dan Daun Kedondong Bagi Kesehatan

Kedondong adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara serta Asia Selatan. Tanaman ini berasal dari famili Anacardiaceaeyang telah tersebar ke seluruh daerah tropic. Tanaman kedondong tak sedikit ditanam di kawasan Asia Tenggara. Di negara Filipina adalah salah satu wilayah yang menjadi sentra penanaman kedondong unggul yakni tipe Spondias purpurea L. Sedangkan di Indonesia, penghasil kedondong salah satu diantaranya berada di Karimunjawa-Jepara-Jawa Tengah.

Inilah Manfaat Buah dan Daun Kedondong Bagi Kesehatan

Tanaman kedondong mempunyai batang kayu (lignosus), berbentuk bulat, bentuk percabangan batang simpodial serta arah tumbuh tegak. Kedondong berakar tunggang serta berwarna coklat tua. Buah dari tanaman ini mempunyai biji bulat serta berserat kasar, tergolong buah dengan tipe buni, warna saat muda hijau sedangkan saat telah tua bakal berubah menjadi kuning kehijauan.

Kedondong masuk kedalam kategori tanaman berdaun majemuk. Ciri lainnya mempunyai pangkal daun yang runcing, warna daun hijau dengan panjang daunnya kurang lebih 5 hingga 8 cm serta lebar 3 hingga 6 cm. Tahap terlebar berada di tengah-tengah helaian daunya berbentuk jorong alias ovalis, tata letak daun tersebar, dilihat dari arah tulang – tulang cabang yang besar pada helaian daun kedondong ini tergolong daun yang bertulang menyirip dengan jumlah anak daun yang gasal serta anak daun yang berpasang-pasang, tepi daunnya rata, permukaan daun mengkilat serta licin.

Daun mudanya bisa dijadikan bumbu penyedap pada masakan, bisa juga dikukus sebagai lalapan. Buahnya bisa dimakan, biasanya dijadikan sebagai campuran rujak ataupun manisan.

Kandungan
Batang serta daun kedondong mengandung saponin, flavonoida serta tanin, sedangkan kandungan gizi buah kedondong matang mengandung energi sebesar 41 kilokalori, karbohidrat 10,3 gram, lemak 0,1 gram, vitamin B1 0,08 miligram, kalsium 15 miligram protein 1 gram, , fosfor 22 miligram, serta zat logam 3 miligram, vitamin A setidak sedikit 233 IU, serta vitamin C 30 miligram.

Kandungan gula ( sukrosa) yang ada pada kedondong sangat berguna sebagai penambah energi serta vitalitas tubuh. Tidak hanya itu serat alam serta kandungan airnya yang lumayan tinggi keren sebagai pencegah dehidrasi serta pelancar pencernaan.

Kegunaaan Buah serta Daun Kedondong Bagi Kesehatan

Anemia (Buah)
Kandungan zat logam dalam 100 gram buah kedondong mencapai 30 mg, bisa menolong proses pembentukan sel darah merah.

Kecantikan Kulit Wajah serta Tubuh (Buah)
Kaya bakal kandungan vitamin C yaitu 30-50 mg dalam 100 gram buah kedondong jadi rajin mengkonsumsi buahnya bisa menolong proses regenerasi kulit dengan tutorial meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam elastisitas kulit. Tidak hanya itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang bisa mencegah radikal

Borok  serta Luka Terbakar (Daun)
Daun kedondong juga dipakai dengan cara tradisional untuk mengobati obat borok, luka perih serta luka terbakar.

Menanggulangi Diare (Daun)
Untuk menanggulangi diare, gunakan tak lebih lebih 15 gram kulit batang kedondong segar yang telah dicuci bersih. Lalu potong kecil-kecil serta rebus dengan 2 gelas air selagi 15 menit. Tunggu hingga dingin lalu saring serta air hasil saringan bisa diminum 2 kali sehari.

Pemeliharaan Saluran Pencernaan serta Diet (Buah)
Kandungan serat pada 100 gram buah kedondong yang mencapai 0,83-3,60 mg sangat berguna untuk melancarkan kegunaaan saluran cerna.

Menurunkan Berat Badan (Buah)
Selain itu, sebab mengandung lemak, protein serta karbohidrat dalam jumlah rendah, buah kedondong juga bisa menolong bagi mereka yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, apabila ingin mengkonsumsi buah kedondong untuk diet, pilihlah yang belum matang benar sebab kandungan buah kedondong yang belum matang benar ini sangat tinggi serat serta air.

Sementara buah kedondong yang matang kandungan sukrosanya tinggi jadi meningkatkan jumlah kalori di dalamnya.

Obat Batuk Alamiah (buah)
Untuk mengobati batuk, gunakan 3 buah kedondong yang telah dicuci bersih. Lalu parut serta peras airnya tanpa ditambahkan air. Berbagi sedikit garam pada air perasan serta ramuan siap utnuk diminum 2 kali sehari.

Penambah Energi serta Vitalitas Tubuh (Buah)
Buah yang satu ini yakni Buah kedondong mempunyai unsur gula dalam bentuk sukrosa yang berguna sebagai penambah energi serta vitalitas tubuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Manfaat Buah dan Daun Kedondong Bagi Kesehatan